Halooo semuanya! Setelah 1 tahun perjuangan keras (tapi ga sekeras kehidupan anak jalanan) sebagai mahasiswa yang juga aktif sebuah organisasi universitas, akhirnya gw naik juga jadi PEGURUS! Nah, sekarang gw bakal langsung curcol kegiatan gw selama 1 tahun sebagai mahasiswa sekaligus aktivis di BNCC.

Dimulai dari dorongan koko gw dan bisikan setan alias promosi oleh marketing Binus ke SMA gw dulu, akhirnya gw menjadi mahasiswa Binus. Di Binus, gw disuruh ortu untuk mengambil jurusan yang gw ga suka dan tidak bisa disebutkan namanya (lebih tepatnya dirahasiakan). Kenapa gw iya-iya aja ikut suruhan ortu? Karena gw dulu ga tau gimana caranya buat ngejer impian sendiri, jadinya aja ngikut deh. ;p

Akhirnya pas sesi pengenalan UKM/HMJ pas masih jadi maba, gw ngelihat sebuah cahaya yang teramat terang….. dari proyektor. Dan pas melihat 2 patah kata yaitu “3D” dan “animasi”, gw langsung melek dari tempat tidur, ehh maksudnya kursi. Langsung saat itu juga gw ingetin tuh UKM yang nampilin 2 kata itu, namanya BNCC (Bina Nusantara Computer Club).

Passion gw desain grafis, karena gw kurang bisa gambar manual pake tangan. Yah, yang namanya udah passion, walau udah beda jurusan, tetep aja ngejer. Akhirnya saat itu juga, gw langsung mutusin bakal gabung ke BNCC. Sampe akhirnya pas expo (sesi keliling nyari UKM/HMJ), BNCC yang pertama gw cari. Gw join jadi member, dan blablabla… gw akhirnya jadi aktivis BNCC!!

Jujur aja, niat awal gw jadi aktivis itu cuman berbekal iseng. Kenapa tuh iseng bisa nahan gw sampe jadi pengurus? Kalo elu ikut sesi cavis (calon aktivis), gw jamin elu bakal betah banget. Pengurusnya ramah-ramah, dan cavisnya pun juga seru-seru! Di sono walau gw masih baru, gw ngerasa kayak udah punya “keluarga” baru di sono, dan gw jamin bagi kalian yang ikut tuh sesi pasti bakal ngerasain hal yang sama.

Jadi aktivis emang seru… tapi jangan anggap enteng! Jadi aktivis tuh lumayan berat, apalagi bagi kalian yang ga pernah ikut organisasi ato kerja ato kegiatan luar selain sekolah (termasuk gw dulu). Dari ikut kepanitiaan, jam tidur kurang, masuk pas libur, tugas kuliah ama kepanitiaan numpuk dan betrok, kecapean trus sakit, sampe ngiri ama temen-temen gw yang kupu-kupu; itu semua kejadian sama gw, malah sebenernya lebih banyak lagi. Kalo elu cuman pure buat have-fun doang pasti elu ga bakal bertahan! Gw sendiri pun jujur aja pernah hampir give-up di pertengahan. Syukurnya masih ada beberapa “faktor” yang bikin gw tetap bertahan di BNCC tercinta.

Tadi katanya kalo have-fun ga bakal bertahan, kok gw masih? Yak, sedikit OOT, jd ceritanya pas gw udah mau naik kepengurusan gw teringat ama niat pas SMA dulu. Dulu gw berniat pas udah kuliah, gw bakal mengubah diri ga main-main lagi, karena selama SMA kerja gw main, hangout, tidur, yah intinya males-malesan. Gw lupakan tuh niat karena gw ga tau gimana caranya. Setelah dipikir lagi, ternyata tuh niat masih ada walau gw lupa. Dan salah satu motivasi gw adalah itu. Jadi salah satu kunci untuk bertahan di BNCC adalah ada niat ama tujuan yang elu kejar!

Balik lagi ke topic! Dari semua berat-berat tadi, ada juga bagusnya. Gw merasa feel much better di sini. BNCC bener-bener udah ngubah gw: dari awalnya malu ngomong di depan sampe akhirnya bisa, belajar time-management (walau belum bagus banget), dan banyak lagi! Sampe-sampe pas gw jalan ama temen SMA gw (yang beda univ) bilang kalo gw udah bener-bener beda banget, dan udah better dari sifat dulu pas SMA lah. Dan jujur aja, kalo gw ga pernah di BNCC, gw ga tau bakal kayak gimana hidup gw sekarang. Kalo elu bisa tahan sama yang berat-berat tadi, gw jamin elu juga bisa better dari elu yang dulu.

Dan sekarang… tangan gw cape ngetik daritadi. Jadi udah sampe sini dulu. Bagi kalian yang penasaran ama BNCC langsung aja ke www.bncc.net. Selain itu BNCC juga punya project house sama majalah online lho!

Iklan